Senin, 26 September 2011

Pertanyaan Terkait Materi Pengolahan Informasi

Consumer Behavior Class ( Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday afternoon
Departement of Family and Consumer Sciences – Collage of Human Ecology – Bogor Agricultural University
Lecturer : Prof.Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Manfaat mempelajari perilaku konsumen

By : Putri Rodiah Sumantapura, Mayor Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat- College of Human Ecology

1). Apakah seseorang memiliki persepsi yang sama antara yang satu dengan yang lain?
2). Mengapa dalam mengolah informasi memerlukan proses perhatian?
3). Bagaimana cara seseorang mengingat suatu informasi?

Jawaban :
1). Tentu saja tidak, karena setiap orang memilki gambaran yang berbeda mengenai realitas di sekelilingnya. Dengan kata lain, setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda terhadap lingkungan sosialnya. 
2). Perhatian sangat penting dalam mengolah informasi, perhatian membuat kita mampu mengarahkan diri terhadap apa yang sedang dikerjakan serta dapat mengarahkan seseorang untuk melihat masalah-masalah yang akan diberikan, memilih dan memberikan focus pada masalah yang harus diselesaikan.
3). Seseorang dapat mengingat suatu informasi yang telah dipelajari pada waktu yang lalu. Semakin banyak informasi yang diperoleh seseorang berarti semakin sering terjadi kaitan antara informasi satu dengan informasi yang lain. Setiap informasi yang dipelajari telah meninggalkan semacam jejak dalam otak manusia dan jejak itulah yang akan dikeluarkan oleh otak berupa informasi terdahulu yang telah tersimpan. Hal tersebut terjadi pada saat seseorang mengingat informasi. 

1 komentar: