Senin, 07 Mei 2012

Hubungan Antara Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Kehidupan Berbudaya

www.ivanagusta.wordpress.com


Makalah Akhir Mata Kuliah Berpikir dan Menulis Ilmiah

HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP KEHIDUPAN  BERBUDAYA



Oleh :

Putri Rodiah Sumantapura

I34100145

Dosen:

Dr. Ir. Ekawati S Wahyuni, MS
Dr. Ir. Pudji Muljono, Msi
Martua Sihaloho, Sp, Msi
Ir. Murdianto

Asisten Praktikum:

Tiara Anja Kusuma




DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT

FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

2011

ABSTRAK

     Makalah ini bertujuan untuk mengetahui dampak kemajuan teknologi komunikasi terhadap perubahan kehidupan berbudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Dimana komunikasi merupakan suatu proses dimana pihak-pihak peserta saling berinteraksi dengan tujuan untuk mencapai pengertian bersama yang lebih baik mengenai masalah yang penting bagi semua pihak, dan teknologi adalah alat yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja atau struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan seseorang. Sejak dulu teknologi sudah ada dan manusia sudah menggunakan teknologi. Perkembangan teknologi komunikasi yang terjadi di Indonesia telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbudaya. Seiring berkembanganya teknologi, terjadi perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi  organisasi sosial masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namun demikian dalam kehidupan nyata kedua jenis perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan. Perubahan kebudayaan mempunyai selalu berkaitan dengan suatu cara penerimaan cara-cara baru atau suatu perbaikan dalam cara suatu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Kata kunci: Komunikasi, teknologi, kehidupan berbudaya.


















KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT. karena berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul Hubungan Antara Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Kehidupan  Berbudaya. Makalah ini merupakan dibuat sebagai salah satu persyaratan untuk melengkapi tugas akhir mata kuliah Berfikir dan Menulis Ilmiah (KPM 200) pada Departemen Sains komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dr.Ir. Ekawati Sri Wahyuni, MS; Dr. Ir. Pudji Muljono, Msi; Martua Sihaloho, Sp, Msi; dan Ir. Murdianto selaku dosen mata kuliah Berfikir dan Menulis Ilmiah yang telah menyampaikan materi perkuliahan dan membimbing penulis dengan baik dalam penyusunan hingga penyelesaian makalah ini. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Tiara Anja Kusuma selaku asisten praktikum mata kuliah Berfikir dan Menulis Ilmiah, serta teman-teman departemen SKPM 47. Makalah ini menjelaskan tentang perkembangan teknologi yang ada yang dikaitkan dengan perubahan kehidupan berbudaya yang terjadi di masyarakat. Selain itu, dampak-dampak yang terjadi akibat perkembangan teknologi dan perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi pun dibahas dalam makalah ini.
            Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

                                                                                                Bogor, 26 Desember 2011




                                                                                                Putri Rodiah Sumantapura
                                                                                                NIM: I34100145













DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAK………………………………….……………………………………………… i
KATA PENGANTAR…………….....……………………………………………… ……. ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………. iii
DAFTAR TABEL…………………………………………………………………………..iv
PENDAHULUAN………………………………………………………………………….. 1
PEMBAHASAN…………………...……………………………………………………..... 2
Komunikasi Kelompok dan Perkembangan Teknologi………………………………….. 2-3
Hubungan Antara Perkembangan Teknologi komunikasi dengan Perubahan Kehidupan Berbudaya Pada Masyarakat………………………………………….....……………….... 4
Dampak yang Terjadi Akibat Perkembangan Teknologi Komunikasi…………….. 5
Simpulan…………………………………………………………………………………… 6
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………............... 7
























DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1. Tingkat Intensitas Penggunaan TIK……………………………….....……………3
Tabel 2. Indikator TIK di rumah tangga Indonesia tahun 2007…………………………….3


Pendahuluan

            Hampir semua tentang manusia dan kehidupannya, selalu berhubungan dengan komunikasi (Yusup 2009). Komunikasi adalah suatu proses dimana pihak-pihak peserta saling berinteraksi dengan tujuan untuk mencapai pengertian bersama yang lebih baik mengenai masalah yang penting bagi semua pihak, dan teknologi adalah alat yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja atau struktur atau sistem dimana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan seseorang. Selain itu, sebenarnya komunikasi sendiri memiliki banyak definisi dari berbagai ahli, misalnya Trenholm dan Jensen (1996) mendefinisikan komunikasi sebagai, “ A process by which a source transmits a message to receiver through some channel” (Sebuah proses dimana sebuah sumber mengirimkan pesan ke penerima melalui beberapa saluran) (Wiryanto 2004). Komunikasi ini memiliki banyak sekali bentuk. Berkat makin majunya teknologi, komunikasi telah berkembang dan berubah bentuknya. Media-media komunikasi sudah semakin maju, dan mampu memberikan pelayanan dan fungsi-fungsi yang lebih efektif dan efisien dalam berkomunikasi.. Sejak dulu teknologi sudah ada dan manusia sudah menggunakan teknologi dan pada hakekatnya perilaku manusia adalah untuk berkomunikasi. Teknologi berupa sarana manusia dalam kehidupan berkomunikasi dan berbudaya. Seiring berkembanganya teknologi, terjadi perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi  organisasi sosial masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namun demikian dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan. Perubahan kebudayaan mempunyai aspek yang bersangkut paut dengan suatu cara penerimaan cara-cara baru atau suatu perbaikan dalam cara suatu masyarakat memenuhi kebutuhannya.
Yang jadi permasalahan adalah apa saja pengaruh dari kemajuan teknologi komunikasi terhadap kehidupan berbudayaan dan perubahan perilaku yang dialami masyarakat seiring berkembangnya teknologi komunikasi. Tulisan ini dibuat bertujuan untuk mengetahui dampak kemajuan teknologi komunikasi terhadap perubahan kehidupan berbudaya di kalangan masyarakat.














Komunikasi Kelompok dan Perkembangan Teknologi

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia (Muhammad 2009). Komunikasi berasal dari kata communis, yang berarti kesamaan dalam suatu hal. Komunikasi lebih berarti dua orang berbagi informasi bersama dibandingkan dengan seseorang memberikan informasi dan orang lain yang menerima (Lubis 2010). Definisi Black dan Bryant (1992) mengenai komunikasi sebagai berikut:

“Proses dimana orang-orang berbagi makna, dimana seseorang (komunikator) mengirimkan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan), yang terjadi ketika informasi melintas dari satu tempat ke tempat lain, sebagai pengalihan pesan sehingga orang saling mempengaruhi, dan terjadi bila si A menyampaikan pesan kepada si B melalui saluran C kepada si D dengan akibat E.”

Selain itu, sebenarnya komunikasi sendiri memiliki banyak definisi dari berbagai ahli, misalnya Trenholm dan Jensen (1996) mendefinisikan komunikasi sebagai, “ A process by which a source transmits a message to receiver through some channel” (Sebuah proses dimana sebuah sumber mengirimkan pesan ke penerima melalui beberapa saluran) (Wiryanto 2004). Komunikasi terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya komunikasi massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi antar pribadi. Komunikasi kelompok adalah komunikasi antara seorang dengan orang lain dalam kelompok, berhadapan satu sama lain sehingga memungkinkan terdapatnya kesempatan bagi setiap orang dalam kelompok untuk memberikan tanggapan secara verbal. Komunikasi kelompok bisa terjadi pada kelompok yang jumlahnya banyak sehingga disebut kelompok besar. Hal ini bisa juga terjadi pada kelompok yang jumlahnya tidak begitu banyak sehingga disebut kelompok kecil. Masyarakat merupakan salah satu contoh dari komunikasi yang terjadi pada kelompok besar.
Setiap masyarakat di belahan dunia manapun sudah pasti memiliki kehidupan berbudaya yang berbeda. Seiring berkembanganya teknologi komunikasi, terjadi perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, filsafat dan nilai yang menyangkut selera dan gaya hidup masyarakat (Afdjani [Tanpa tahun]). Sebenarnya, kata “teknologi” berasal dari asal bahasa latin Texere yang berarti menenun atau membangun (Rogers 1986). Perkembangan teknologi cakupannya tidak hanya kepada pengguna mesin-mesin, meskipun dalam pengertian sempit sering digunakan keterkaitan teknologi dan mesin dalam bahasa sehari-hari. Akan tetapi, teknologi juga berkembang dalam bidang komunikasi. Teknologi Komunikasi diawali sejarah manusia seperti ditemukannya bahasa lisan dan bahasa tulisan dalam bentuk photographs yang ditulis pada dinding gua-gua.
 Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di seluruh dunia telah membuat hidup manusia menjadi semakin mudah. Terutama sejak diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan, baik hambatan geografis maupun hambatan waktu. Kita dapat segera berkomunikasi dengan keluarga/saudara/teman yang berada di belahan dunia lain secara langsung melalui jaringan internet.
Berikut merupakan posisi negara Indonesia dalam penggunaan TIK:


No.
Negara
Tingkat TIK
No.
Negara
Tingkat TIK
1.
Korea Selatan
Sangat Tinggi
20.
Filipina
rendah
2.
Singapura
Sangat Tinggi
21.
Mongolia
rendah
3.
Taiwan
Sangat Tinggi
22.
Palestina
rendah
4.
Jepang
Sangat Tinggi
23.
Yordania
rendah
5.
Hongkong
Sangat Tinggi
24.
Oman
rendah
6.
Malaysia
tinggi
25.
Thailand
rendah
7.
UEA
tinggi
26.
Kyrgyzstan
rendah
8.
Bahrain
tinggi
27.
Syria
rendah
9.
Makao
tinggi
28.
Sri Lanka
rendah
10.
Israel
tinggi
29.
Indonesia
rendah
11.
Arab Saudi
Menengah
30.
India
rendah
12.
Qatar
Menengah
31.
Vietnam
rendah
13.
Kuwait
Menengah
32.
Pakistan
rendah
14.
Brunei
Menengah
33.
Yaman
rendah
15.
Lebanon
Menengah
34.
Kamboja
rendah
16.
PNG
rendah
35.
Myanmar
rendah
17.
Maldives
rendah
36.
Nepal
rendah
18.
Iran
rendah
37.
Bangladesh
rendah
19.
Cina
rendah
38.
Laos
rendah
Tabel 1. Tingkat Intensitas Penggunaan TIK  
Sumber: Hermana [2007]

         Indonesia berada di posisi ke 29 dalam hal penggunaan TIK dan tergolong dalam kategori rendah dalam penggunaannya. Walaupun begitu, hal ini mampu mengubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbudaya dan berkomunikasi. Berikut ini merupakan tabel yang menunjukkan penggunaan TIK pada masyarakat Indonesia:

INDIKATOR TIK
JUMLAH
Kota
Desa
Total
Telepon Kabel Dalam Rumah Tangga Indonesia (unit)
24.561.767
32.316.746
56.878.513
Persentase Rumah Tangga dengan minimum 1 Hp
55,03%
24,33%
37,59%
Jumlah Nomor Hp Per Rumah Tangga
1,73
1,35
1,59
Persentase Rumah Tangga Dengan Komputer
11,51%
1,60%
5,88%
Persentase Rumah Tangga Dengan Akses Internet
2,76%
0,22%
1,32%
Tabel 2. Indikator TIK di rumah tangga Indonesia tahun 2007
Sumber: Azuari (2010) yang diolah dari Indikator TIK (2008)

Berdasarkan tabel 2 dapat dilihat bahwa penggunaan telepon kabel sebagai contoh, penggunanya bahkan lebih banyak di desa dibanding kota. Hal ini menunjukan bahwa perkembangan teknologi sudah masuk ke masyarakat desa dan mampu merubah kehidupan berbudaya dan berkomunikasi.




Hubungan Antara Perkembangan Teknologi komunikasi dengan Perubahan Kehidupan Berbudaya Pada Masyarakat

Perubahan budaya di dalam masyarakat sangat cepat terjadi. Dalam perubahan kehidupan berbudaya itu perkembangan teknologi komunikasi sangat berperan. Begitu besar pengaruhnya perkembangan teknologi komunikasi ini dalam kehidupan berbudaya. Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah baik perilaku masyarakat maupun peradaban manusia secara global. Sebagai contoh yang diungkapkan Pujiastuti (2006) mengenai teknologi komunikasi yang belum ada seperti saat ini sebagai berikut:

“… pada tahun 1970-an, untuk berkomunikasi dengan orang di daerah lain, kita menggunakan surat. Surat baru dapat diterima oleh orang yang dituju dalam beberapa hari kemudian. Namun dewasa ini, dengan menggunakan teknologi seperti handphone dan internet, kita dapat berkomunikasi dalam hitungan detik. Dampaknya, arus informasi antar masyarakat demikian cepat.”

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini bahkan tercantum dalam undang-undang nomor 11 tahun 2008 mengenai informasi dan transaksi elektronik yang menyatakan bahwa telah pula menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas (borderless) dan menyebabkan perubahan-perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, dan budaya pada suatu masyarakat. Perkembangan teknologi informasi pun secara signifikan mendorong perubahan aspek-aspek tersebut dengan sedemikian cepatnya. Perkembangan teknologi memiliki berbagai fungsi yakni, memberikan pengaruh dalam peningkatan kesejahteraan, kemajuan, dan peradaban manusia.
Tidak ada seorangpun di dunia ini yang bisa melepaskan diri dari kemutlakan komunikasi. Bahkan dalam  keadaan diam  pun, tanpa kita sadari kita mengkomunikasikan sesuatu dari berbagai macam hal, bisa saja dari sikap tubuh, mimik wajah, helaan nafas, baju yang dikenakan, atau apapun itu. Hal ini karena komunikasi merupakan ilmu interdisipliner yang membuatnya menjadi sangat penting untuk dipelajari, dimengerti, dan dipahami, serta dilakukan. Seluruh ilmu yang ada didunia ini menggunakan komunikasi sebagai pusatnya (Khoiri 2009). Itulah perkembangan komunikasi, yang pengaruhnya begitu besar dalam kehidupan berbudaya di masyarakat termasuk perkembangan teknologinya.
Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada hakekatnya dutujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa.  Kenyataan menujukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan penting dalam perkembangan peradaban, terutama perekonomian dunia.






Dampak yang Terjadi Akibat  Perkembangan Teknologi Komunikasi

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dan  perkembangan teknologi komunikasi di dunia pada zaman sekarang ini, tentu saja membawa dampak bagi segala aspek kehidupan.tak terkecuali di Indonesia. Dampak perkembangan teknologi komunikasi membawa beberapa dampak positif dan negatif. Tentu saja perkembangan teknologi komunikasi membawa banyak sekali keuntungan untuk dapat digunakan.
Dampak positif dari berkembangnya teknologi komunikasi yang terjadi di masyarakat sebagai contoh adalah semua orang dapat menjadi sumber informasi sehingga membuat masing-masing dapat saling bertukar informasi dengan cara berkomunikasi. Sebelum berkembangnya teknologi komunikasi, informasi yang disebar haruslah dengan cara tatap muka. Akan tetapi, setelah adanya perkembangan teknologi komunikasi, informasi itu pun menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media yang ada seperti handphone, pengeras suara, internet, telegram, telepon, radio, televisi, dan lain-lain. Selain itu, contoh lainnya adalah kebudayaan dimiliki oleh setiap kelompok dari setiap daerah . Tidak hanya dengan penampilan atau pertunjukkan saja budaya itu dipublikasikan. Dengan TIK pun, antar kelompok masyarakat dapat menyampaikan kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing untuk kemudian dipelajari dan dilestarikan. Tidak hanya dalam satu Negara, tetapi dapat juga antar Negara.
Selain berdampak positif, perkembangan teknologi komunikasi juga mampu menimbulkan dampak negatif. Sebagai contoh adalah dengan berkembangnya teknologi komunikasi mampu mengurangi intensitas saling bertatap muka dalam berkomunikasi. Bahkan keberadaan social network jadi lebih sensitif dan lebih “galak” karena kurang efektif pembicaraannya. Selain itu, perkembangan teknologi ini juga mampu menyebabkan surutnya efektivitas penggunaan  media komunikasi tradisional. Contoh lain yang merupakan pengaruh negatif dalam  kehidupan berbudaya yaitu masuknya budaya asing, baik dari penampilan maupun gaya hidup yang masuk ke kelompok-kelompok masyarakat mampu mengubah kebiasaan atau tatanan hidup mereka. Tidak hanya budaya baik yang ada, tetapi budaya yang kurang baik pun dapat masuk dengan mudah apabila tidak difilter secara dini, budaya tersebut bukannya membangun tapi malah justru mengerogoti budaya asli yang ada di kelompok tersebut. Sehingga dengan adanya perubahan zaman, masyarakat harus bisa memilah dampak yang baik bagi kehidupan budayanya.












Simpulan

Perkembangan teknologi komunikasi telah melalui perubahan yang cukup signifikan sejak awal generasi. Dengan semakin pesatnya pertumbungan dan  perkembangan teknologi komunikasi di dunia pada zaman sekarang ini, tentu saja membawa dampak bagi segala aspek kehidupan.tak terkecuali di Indonesia. Dampak perkembangan teknologi komunikasi membawa beberapa dampak positif dan negatif. Begitu besar pengaruhnya perkembangan teknologi komunikasi ini dalam kehidupan berbudaya. Tidak hanya budaya baik yang ada, tetapi budaya yang kurang baik pun dapat masuk dengan mudah apabila tidak difilter secara dini, Pada proses komunikasi sebagai contohnya, ada dampak positif yang terjadi dalam hal ini. Perkembangan teknologi yang ada mampu merubah cara masyarakat dalam menyebar informasi yang ada. Dengan begitu, semakin berkembangnya teknologi yang ada maka hal ini dapat merubah kehidupan berbudaya yang terjadi di masyarakat.
Dengan berkembangnya teknologi komunikasi ini, sebagai masyarakat di Indonesia yang mencintai tanah air tentu saja kita harus mampu memilah terhadap perkembangan yang ada. Hal ini jangan sampai justru membuat perkembangan teknologi yang ada mengerogoti budaya asli yang ada di masyarakat khususnya di Indonesia. Kepintaran kita dalam memilah perkembangan yang terjadi mampu membuat kita menyelaraskan antara perkembangan teknologi tanpa merusak budaya asli Indonesia.























DAFTAR PUSTAKA

Afdjani H. [Tanpa Tahun]. Dampak globalisasi media terhadap masyarakat dan budaya Indonesia. [Makalah]. [Internet][Dikutip 24 November 2011]. Dapat diunduh dari: http://jurnal.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2007/04/blcom-04-vol2-no2-april20071.pdf


Herimanto W. 2009. Ilmu sosial dan budaya. Jakarta [ID]: Bumi Aksara.

Hermana B. 2007. Teknologi nformasi dan komunikasi di negara-negara asia:
Hubungannya dengan variabel ekonomi makro dan pengembangan sumber daya manusia. Jakarta [ID]. [Skripsi]. [Internet]. Dapat diunduh dari: http://bhermana.staff.gunadarma.ac.id

Lubis DP, Mugniesyah SS, Purnaningsih N, Riyanto S, Kusumastuti YI, Hadiyanto, Saleh A, Sumardjo, Agung SS, Amanah S, et al. 2010. Dasar-dasar Komunikasi. Bogor [ID]: Sains KPM IPB Press. 392 hal.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi organisasi. Jakarta [ID]: Bumi Aksara.


Singgih D. 2011. Penggunaan internet sebagai media komunikasi dalam menciptakan hubungan akrab. [Skripsi]. Bogor [ID].

Wiryanto. 2004. Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta [ID]: PT. Grasindo.

Yusup, Pawit S. 2009. Ilmu informasi, komunikasi, dan kepustakaan. Jakarta [ID]: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar