Selasa, 13 September 2011

Perilaku Konsumen Edisi 12 September 2011

Consumer Behavior Class ( Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday afternoon
Departement of Family and Consumer Sciences – Collage of Human Ecology – Bogor Agricultural University
Lecturer : Prof.Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Manfaat mempelajari perilaku konsumen

By : Putri Rodiah Sumantapura, Mayor Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat- College of Human Ecology

Kepribadian merupakan suatu karakter dalam diri seseorang yang memiliki respon konsisten dan berlangsung lama yang mampu menggambarkan perbedaan individu. Akan tetapi, kepribadian ini juga dapat berubah yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan sebagainya. Memahami kepribadian konsumen sangat penting bagi pemasar karena hal ini terkait dengan perilaku konsumen.

Teori kepribadian menurut Freud secara singkat merupakan sebuah teori yang mengungkapkan sebagai landasan ilmu psikologi modern. Freud mengemukakan bahwa kepribadian manusia terdiri dari 3 sistem yang saling mempengaruhi yaitu id, superego, dan ego. Id merupakan ketertarikan antar lawan jenis dalam berinteraksi. sedangkan superego dan ego sebagai contoh ialah layanan masyarakat.

Selanjutnya teori kepribadian menurut Neo Freud merupakan teori yang dilandasi sosial psikologi yang dipengaruhi keadaan sosial (bukan insting) . Peran superego adalah menjaga agar individu tersebut memuaskan kebutuhan dengan cara yang dapat diterima masyarakat.

Teori Ciri atau bisa juga disebut Trait Theory merupakan suatu teori yang menjelaskan pendekatan kuantitatif dalam mengukur kepribadian konsumen. Juga mengklasifikasikan manusia ke dalam karakteristik atau sifat / cirinya yang paling menonjol.


Kemudian yang terakhir yakni teori sifat, Teori ini memfokuskan pada pengukuran kepribadian menurut karakteristik psikologis khusus yang disebut sifat. Sifat didefinisikan sebagai cara yang khas dan relatif bertahan lama yang dapat membedakan. berikut merupakan contohnya :

- Pendiam vs Ramah
- Bodoh vs Cerdas
- Labil vs Stabil
- Penurut vs Agresif

Psikografi merupakan variabel-variabel yang digunakan untuk mengukur gaya hidup. Bahkan sering kali istilah psikografi dan gaya hidup digunakan secara bergantian. Sedangkan gaya hidup merupakan pola konsumsi yang menggambarkan pilihan seseorangyang meliputi aktivitas, minat, dan opini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar